Wellcome


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Zona Sahabat Muslim

Search

Sahabat Muslim Seluruh Dunia

Profil

Foto saya
Live is the maximum in all that they.♂♀♂

Obrol tanya jawab

Klik Menjadi Anggota

Anda Pengunjung ke :

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

TITTLE PAVICON

visit

Website counter

Kunci Sukses dan Kaya Cepat ala Rasulullah SAW


________________________________________
Hadits Anas bin Malik r.a yang menceritakan bahwa ada seorang lelaki dari kalangan Anshar yang datang menemui Nabi SAW dan ia meminta sesuatu kepada beliau. Beliau bertanya kepadanya : "Apakah di rumahmu tidak ada sesuatu?" Lelaki itu menjawab : "Ada. Dua potong kain, yang satu dikenakan dan yang lain untuk alas duduk, serta cangkir untuk meminum air."

Lalu Beliau berkata, "Kalau begitu, bawalah kedua barang itu kepadaku." Lalu lelaki itu datang membawanya. Rasulullah SAW bertanya kepada para sahabat : "Siapa yang mau membeli barang ini?" . Salah seorang sahabat menjawab, "Saya mau membelinya dengan satu dirham." . Beliau bertanya lagi : "Ada yang mau membelinya dengan harga lebih mahal?".
Beliau menawarkannya hingga dua atau tiga kali. Tiba-tiba salah seorang sahabat beliau yang lain berkata, "Aku mau membelinya dengan harga dua dirham."

Maka beliau memberikan kedua benda itu kepada-nya. Beliau mengambil uang dua dirham itu dan memberikannya kepada lelaki dari Anshar tersebut. Beliau berkata, "Gunakanlah yang satu dirham untuk membeli makanan dan berikan kepada keluargamu. Lalu gunakan yang satu dirham lagi untuk membeli kapak, lalu bawa kapak itu ke hadapanku."

Lelaki itu pun pergi dan kembali lagi dengan membawa sebilah kapak. Nabi menggunakan kapak itu untuk membelah kayu dengan tangan beliau sendiri, lalu beliau berkata, "Pergi dan carilah kayu bakar, lalu juallah. Jangan perlihatkan dirimu selama lima belas hari." Lelaki itupun pergi mencari kayu bakar dan menjualnya. Ia pulang dengan membawa hasil sepuluh dirham. Uang itu ia gunakan sebagian untuk membeli pakaian dan sebagian lain untuk membeli makanan.

Rasulullah SAW bersabda:"Ini lebih baik bagimu daripada kebiasaanmu meminta-minta, itu akan menjadi bercak hitam di wajahmu pada hari Kiamat nanti. Meminta-minta itu hanya dibolehkan bagi tiga orang:
orang yang terlilit kemiskinan, orang yang terlilit hutang dan orang yang menanggung diyat."

Diriwayatkan oleh Abu Daud 1641. Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi 1218. Diriwayatkan oleh an-Nasai VII: 259. Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya III: 100, 114. Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, beliau berkata, "Hadits ini hasan." Inilah yang menjadi amalan para ulama.

Hadits diatas memberikan tuntunan kepada kita untuk bekerja keras dan tidak meminta-minta. Dari hadits tersebut, dapat kita simpulkan secara ekonomi "JUAL BAJU UNTUK MODAL BELI KAPAK, GUNAKAN KAPAK UNTUK MENCARI PENGHASILAN, DARI PENGHASILAN TERSEBUT DAPAT KITA BUAT MODAL LEBIH BESAR LAGI UNTUK PENGHASILAN LEBIH BESAR".

Itulah yang diajarkan Nabi SAW kepada umatnya (Hanya Contoh). Sekarang ini, dengan berkembangnya teknologi dan kebudayaan manusia, kita bisa lebih berpeluang mencari "MODAL" untuk "PENGHASILAN BESAR (Halal dan Berkah)". Untuk mendapatkan semua itu, tentunya harus dibekali dengan ILMU.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Comment

Feed Coursel